RSS

Cara Mencegah dan Merawat Gigi Berlubang

Bagian mulut terutama gigi merupakan sangat penting bagi manusia, karena berfungsi untuk menghancurkan makanan sebelum masuk ke dalam kerongkongan. Maka dari itu, gigi perlu dijaga kesehatannya setiap hari.
Kurang telaten dalam merawat gigi, bisa menyebabkan gigi kita berlubang dan menimbulkan rasa nyeri dan juga bau mulut yang membuat kita merasa kurang pede saat berbicara dengan orang lain. Supaya gigi sehat selalu dan tidak berlubang, ikuti cara merawat gigi berlubang dibawah ini:



mencegah gigi berlubang


- Menggosok atau menyikat gigi secara teratur dengan cara yang benar. Terutama setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Perlu diingat, jangan lupa dan malas untuk sikat menyikat gigi dengan teratur, karena ini adalah kunci untuk mendapatkan gigi sehat dan putih.

- Hindari makanan yang dapat menimbulkan rasa nyeri, misalnya makanan yang terlalu manis, dan juga minum makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas, terutama jika gigi kita sensitif atau berlubang Baca: Mengatasi Gigi Sensitif.

- Jika gigi Anda berlubang, untuk pertolongan pertama bisa menggunakan cairan air garam, yang digunakan untuk berkumur-kumur. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri pada gigi berlubang. Namun setelah itu sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter gigi untuk pengobatan lebih lanjut. 

- Selain menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi berlubang, Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi kalsium tinggi yang didapatkan dari susu, telur, dan multivitamin kalsium lainnya.


Apabila gigi Anda berlubang cukup parah, sebaiknya diperiksalan dan berkonsultasi ke dokter gigi jakarta agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat sesuai dengan kondisi gigi Anda.